Comments

Falsafah Asuhan Kebidanan

Falsafah Asuhan KebidananFalsafah asuhan kebidanan| Bidan sendiri didalam bahasa inggris dikatakan sebagi Midwife yang artinya adalah pendamping perempuan, menjadi seorang bidan tidaklah mudah, seorang bidan dituntut haruslah dapat memberikan asuhan kebidanan yang tepat kepada pasiennya berdasrkan falsafah yang ada, berikut ini adalah penjelasan tentang falsafah asuhan kebidanan.

Falsafah sendiri berasal dari bahasa arab yang berarti tibangan, sedangkan menurut bahasa yunani yakni Philosophy yang artinya cinta kebijaksanaan atau kebenaran. Falsafah asuhan kebidanan sendiri dapat diartikan sebagai keyakinan dan pandangan hidup seorang bidan yang digunakan sebagai kerangka berpikir dalam memberikan asuhan kebidanan yang tepat kepada pasien sesuai dengan kebutuhannnya. Keyakinan-keyakinan seorang bidan tersebut diantaranya :


1. Keyakinan tentang perempuan

Seorang bidan yakin bahwa perempuan adalah seorang mahluk yang unik serta memiliki kebutuhan dan keinginan yang patut dihormati.

2. Keyakinan tentang kehamilan dan persalinan

Bidan yakin bahwa kehamilan dan persalinan adalah proses alamiah, namun perlu diwasoadai karena kondisi yang semula normal dapat berubah menjadi suatu kondisi yang dapat membahyakan kondisi ibu.

3. Keyakinan tentang asuhan

Bidan haruslah yakin bahwa fokus dalam memberikan asuhan adalah untuk mencegah dan meningkatkan kesehatan klien secara menyeluruh, maka dari itu asuhan kebidanan haruslah aman dan menghormati hak-hak pasien.

4. keyakinan tentang kolaborasi

bidan yakin bahwa dalam memberikan asuhan haruslah mempertahankan dan mendukung proses fisiologi. Bidan adalah pemberi pelayanan yang mandiri dan bekerja sama mengembangkan kemitraan dengan anggota kesehatan lainnya.

5. Keyakinan tentang fungsi profesi dan pengaruhnya

Fungsi  utama dari asuhan kebidan adalah meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayi. Bidan memiliki fungsi untuk dapat mempengaruhi pasien dan keluarganya.

6. Keyakinan tentang pemberdayaan dan pembuatan keputusan

Bidan meyakinni bahwa pilihan dan keputusan dalam asuhan kebidanan haruslah dihargai, keputusan tersebut merupakan keputusan yang harus dipertanggung jawabkan oleh semua orang.

7. Keyakinan tentang fungsi profesi dan manfaatnya

Bidan meyakini bahwa mengembangkan kemandirian profesi, kemitraan dan pemberdayaan wanita serta tim kesehatan yang lainnya selama pemberian asuhan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Profesi kebidanan merupakan sebuah profesi yang memberikan pelayanan yang diakui oleh peraturan perundang-undangan maupun peraturan pemerintah indonesia dan baik secara internasional meupun nasional. Maka dari itu profesi ini merupakan profesi yang mulia karena memberikan asuhan selama proses kehidupan perempuan pada khusunya.




No comments:

© Koleksi Asuhan Kebidanan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template